UKDW Terima Kunjungan dari FKUB Medan

Aug 5, 2024
Oleh : dae

Bertempat di Ruang Seminar Pdt. Dr. Harun Hadiwijono, Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta menerima kunjungan studi komparasi dari FKUB Kota Medan pada hari Selasa, 30 Juli 2024. Adapun tujuan dari kunjungan tersebut adalah untuk berdiskusi mengenai program-program terkait kerukunan umat beragama di lingkungan kampus UKDW dan program-program dari FKUB Medan.

Wakil Rektor Bidang Pengembangan Kapasitas Sumber Daya Manusia, Promosi, dan Jejaring (WR 4) UKDW, Pdt. Wahju Satria Wibowo, Ph.D. merasa terhormat atas kunjungan tersebut. Pdt. Wahju menjelaskan bahwa UKDW berawal dari STT Duta Wacana. Salah satu hal yang ditonjolkan oleh UKDW adalah membangun interfaith dialogue di Yogyakarta. “Tiga puluh lima tahun lalu, kami sudah mendirikan Pusat Studi Agama-agama yang menyelenggarakan berbagai macam kegiatan terkait moderasi beragama. Salah satu programnya adalah Studi Intensif Tentang Kristen – Islam (SITKI). Selain itu UKDW juga membentuk konsorsium bersama Universitas Gadjah Mada dan UIN Sunan Kalijaga untuk menyelenggarakan program Indonesian Consortium For Religious Studies (ICRS),” terangnya.

Sedangkan Pdt. Handi Hadiwitanto, Ph.D. selaku Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kaprodi Program Magister Filfasat Keilahian Fakultas Teologi UKDW menyampaikan salah satu perkuliahan yang dilakukan di Fakultas Teologi adalah kuliah lintas iman. Dimana mahasiswa berada dalam kelompok agama yang berbeda, bekerja sama dengan Uniersitas Sanata Dharma dan UIN Sunan Kalijaga. “Kuliah lintas iman mencoba membangun pemahaman dan kedalaman dalam memahami unsur-unsur teologi. Tidak hanya membangun moderasi namun juga literasi agama dan diajak untuk lebih mengenal agama,” ungkapnya.

Sementara itu, Pdt. Nani Minarni selaku Kepala Lembaga Pelayanan Kerohanian, Konseling, dan Spiritualitas Kampus (LPKKSK) UKDW memaparkan UKDW berkomitmen untuk merawat keberagaman dan kebhinekaan Indonesia. “Kami memiliki program spiritualitas oikumenis yang di dalamnya ada komunitas taize. Saat ini, salah satu mahasiswa kami sedang belajar langsung bersama Komunitas Taize di Perancis. Kami juga memfasilitasi kebutuhan spiritual para mahasiswa melalui Unit Kerohanian Mahasiswa. Untuk spiritualitas karyawan muslim UKDW juga kami perhatikan. Konsepnya, kampus menyediakan ruang yang nyaman, kampus adalah rumah yang nyaman,” terangnya. [mpk]